Langsung ke konten utama

Review "101 Dosa Penulis Pemula"

Adakah pembaca dari postingan ini yang merasa bahwa dirinya adalah Penulis Pemula? 
Jika ada, maka mari berkumpul di sini. Karena buku ini layak menjadi salah satu buku acuan agar kalian tidak lagi melakukan "dosa".

Penulis : Isa Alamsyah
Tahun Terbit : 2014
Penerbit : AsmaNadia Publising House
Jumlah Hal : +350 hal


Yakinkah bahwa tulisanmu sudah baik? 
Para penulis buku best seller mungkin  juga pernah melalui sebagian kecil atau bahkan seluruhnya dari dosa-dosa yang tercantum dalam buku ini. Maksud "dosa" di sini hanya sebagai diksi untuk merepresentasikan bentuk kesalahan  agar menjadi bagian dari pembelajaran.

Pembahasan "101 Dosa Penulis Pemula" terbagi dalam 17 bagian dan cukup mewakili dari keseluruhan dalam sebuah proses kepenulisan. Mulai dari pengulangan kata, kalimat efektif, ide, sampai mental dan sikap penulis. Seluruhnya dikemas dengan cukup lugas.

Penulis tidak hanya menyebutkan kesalahan-kesalahan yang sering kali dilakukakn oleh penulis pemula, tetapi juga memberikan saran agar dapat lebih baik ke depannya. Saya ambil contoh. Seperti pada Dosa ke-8 : Mengulang Keterangan yang Sudah Diterangkan. Ada sebuah contoh kalimat.

"Kamu mau ke mana?" tanyanya kepadaku ke mana aku pergi. 

Harusnya dapat ditulis menjadi ...

"Kamu mau ke mana?" tanyanya.

atau bisa dibuat dalam bentuk narasi.

Dia bertanya, ke mana aku pergi. 

Lalu, kesimpulan dari pembahasan ini bahwa menambahkan informasi yang sudah jelas hanya akan membuat kalimat menjadi tidak efektif dan terkesan bertele-tele.

Namun, sayangnya ada hal yang sedikit mengganjal bagi saya dalam beberapa bab, yaitu penulis seringkali menyebutkan contoh kasus atau referensi dalam sebuah film. Saya paham bahwa film juga bermula dari menulis. Ya menulis skenario. Selain itu, sering kali yang disebut-sebut adalah karya dari circle penulis. Mungkin maksudnya agar tidak perlu mencari jauh-jauh contoh sukses yang sudah menghasilkan karya-karya yang diakui. 

Akan tetapi, buku ini sangat direkomendasikan untuk dibaca oleh mereka yang ingin menjadi seorang penulis. Rasanya tidak cukup hanya sekali membacanya. Jika, sewaktu saat lupa diri ketika bertutur lewat aksara, maka coba kembali membaca dosa-dosa yang seharusnya dihindari.

Selain itu, ada bonus sedikit isi dalam buku lainnya dari penulis, yaitu "Membongkar Rahasia Buku Difilmkan". Jika, ada yang berpikir dari mana sumber tulisan buku ini, mungkin kita sama. Tidak lain mungkin dari istri penulis sendiri. Dan cukup menarik untuk mengetahui rahasia-rahasia tersebut. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngeteng dari Bekasi ke Lampung

Sekitar dua minggu yang lalu, tepatnya tanggal 22 Februari 2020, saya dan seorang teman (panggil saja "Mbak Nur") berangkat menuju Bandar Lampung dari Bekasi untuk mengikuti acara Milad Forum Lingkar Pena ke-23 (Cerita tentang Milad FLP akan segera menyusul dipostingan selanjutnya). Di sini saya ingin share cerita "ngeteng" kami untuk sampai ke Lampung. Sebelum berangkat, kami mencari informasi sebanyak-banyaknya. Meskipun, Sumatera adalah tanah kelahiran saya, sekaligus kampung halaman, seumur-umur belum pernah naik transportasi umum darat sendirian untuk pulang kampung. ( Info penting!... kampung saya di Sumatera bagian selatan hehe). Alhamdulillah, dapat teman nge-trip yang sefrekuensi. Jadilah, kami berdua melakukan perjalanan dari Bekasi ke Bandar Lampung dengan cara berganti-ganti kendaraan aka. "Ngeteng". Secara umum hanya ada tiga kendaraan untuk trip ala "ngeteng" ke Lampung, yaitu Bus Bekasi-Merak, Kapal Ferry, dan Kendaraan Bakauh

Menyoal Hadits-Hadits Populer

Judul : Menyoal Hadits-Hadits Populer (Upaya Mengenali Sunnah yang Benar, Bukan yang Terkenal) Penulis : Adi Hidayat Penerbit : Institut Quantum Akhyar Tahun terbit : 2018 Membaca buku ini semakin membuat saya kagum dengan sosok Ust.Adi Hidayat. Sangat terlihat kedalaman ilmu yang beliau miliki. Menyadarkan betapa masih dangkalnya ilmu agama yang saya ketahui. Total ada 17 hadits populer yang dibahas. Terdengar sedikit memang, tetapi jika telah membaca buku ini saya yakin Anda akan berubah pikiran. Sesuai yang tertera pada cover, sebagai upaya mengenali sunnah yang benar, bukan yang terkenal. Beliau membahas hadits-hadits tersebut cukup terperinci dengan menambah bukti-bukti ilmiah, periwayat hadits dan rangkaian sanadnya, penilaian para ulama, hingga membuat kesimpulan hampir tiap pembahasan. Hanya dua bahasan hadits yang tidak terdapat kesimpulan dan menyerahkannya kepada pembaca. Selain itu, bukan main-main karena beliau mencari referensi 1235 kitab pada pustaka ele

Review Buku "Syar'i Traveller"

Judul Buku : Syar'i Traveller Penulis : Ust. Felix Y. Siauw & Tim Da'wah Hijab Alila Tahun Terbit : 2019 Penerbit : Alfatih Press Jumlah Halaman : 197 hal Sebelum membahas terkait buku ini, saya ingin mengatakan bahwa saya selalu suka dengan buku terbitan Alfatih Press yang biasanya penuh dengan visualisasi menarik. Selain tentang isinya yang penuh dengan ilmu tentunya. Kali ini, disuguhkan dengan berbagai macam gambar dari sudut-sudut Turki. Sehingga, lebih dapat tergambar jelas perjalanan yang dilakukan oleh tim Hijab Alila. Buku ini seperti ringkasan cerita perjalanan tim Hijab Alila mulai dari berangkat hingga selama di Turki. Disampaikan dengan cukup rinci mulai dari destinasi, penginapan, biaya, transportasi, hingga sejarah/kisah dibalik suatu tempat yang mereka kunjungi. Tidak lupa tentunya disisipkan beberapa kejadian yang mengandung hikmah agar bisa dijadikan pembelajaran, seperti ketika salah seorang dari rombongan yang visanya ditolak dan harus dua kal