Langsung ke konten utama

Review "Sirkus Pohon"

Judul : Sirkus Pohon
Penulis : Andrea Hirata
Tahun Terbit : 2017
Penerbit : PT Bentang Pustaka


Lucu. Karya Pak Cik ini terbalik saya baca. Saya lebih dulu merampungkan karya barunya yang berjudul "Orang-Orang Biasa". Sehingga, saya jadi merasakan "Orang-orang Biasa" pada novel ini. Betapa tidak, penulis masih menceritakan kehidupan masyarakat dengan latar tempat di Belitung. Rasanya, Pak Cik tiada habis-habisnya mengeksplor kampung halamannya ini. Luar biasa.

Kisah pada novel ini diceritakan oleh sudut pandang Sobri alias Hob. Sang Karakter Utama. Dari penuturan Hob inilah, satu persatu tokoh pada novel ini bermain pada imajinasi saya.

Hob digambarkan sebagai pria dewasa yang nelangsa. Bekerja serabutan yang lebih sering menyandang status pengangguran. Hanya lulusan SD, sebab putus sekolah ketika kelas 2 SMP. Semua itu karena berteman dengan mafia kelas kampung yang selalu gatal tangannya jika melihat barang nganggur. Taripol namanya.

Kenelangsaan Hob ditambah dengan sang adik yang selalu menghinanya, karena Hob termasuk warga negara yang menyusahkan pemerintah. Tapi, hal-hal yang payah itu berubah semenjak ia bekerja sebagai Badut di Sirkus Keliling.

Apakah ada diantara pembaca tulisan ini yang bercita-cita ingin menjadi Badut?. Mungkin ada, tapi saya yakin sangat sedikit.
Kenapa penulis memilihkan tokoh utama berprofesi sebagai badut?
Ini menarik, bukan?
Profesi yang sering kali dianggap remeh bagi orang kebanyakan, tetapi menjadi sangat berarti bagi seseorang seperti Hob yang hampir tidak punya impian dalam hidupnya. Dia bukan sekadar badut yang jenaka dengan tampilannya. Namun, di sini ia menjadi badut sirkus yang juga harus punya keahlian lain.

Setelah menjadi badut, kehidupan romansanya pun ada harapan. Karena ia  telah merencanakan masa depan dengan gadis bernama Dinda. Namun, sungguh sayang, Hob kembali tak dapat lari dari petaka. Dinda dan delima ialah dua hal yang membuatnya kembali merana.

Ada hal yang saya soroti mengenai delima, yaitu penggambaran pohon delima. Setahu saya, delima memiliki pohon yang lemah. Tetapi, pada novel ini seakan-akan pohon delima itu adalah pohon yang kokoh bak beringin. Memiliki daun lebat dan bergantung buahnya di dahan/ranting pohonnya.  Mungkin itu memang pohon delima versi penulis. Entahlah. Ini agak mengacaukan visualisasi saya akan pohon delima.

Selain itu, ada yang masih membuat saya penasaran. Apakah pohon delima ini memang ada sesuatu yang 'magis'? Karena ada satu kejadian yang tak terjelaskan pada bagian adik ipar Hob yang tidak jadi diseruduk sapi. Meskipun, pada akhirnya dijelaskan juga bahwa pohon delima itu rontok daunnya, akhirnya mati mengering batangnya. Yang menandakan bahwa dia tidak memiliki daya.

Menurut saya, Badut dan Pohon Delima punya makna mendalam. Mengenai badut telah saya jelaskan sebelumnya. Tentang pohon delima.

Pohon delima ini, punya daya tarik magis. Dari rakyat biasa sampai tokoh penting di kampung tsb, rela melakukan apa pun terhadap pohon delima yang disangka punya "berkah".

Kisah lain yang menjadi bumbu penyedap adalah Tara dan Tegar. Dua insan yang saling mencari tanpa sadar telah menemukan satu sama lain.

Pada novel ini juga ada menyinggung unsur politik yang tentunya masih dalam lingkup kampung. Dengan penyajian cerita yang menggelitik dan menarik. Keseluruhannya mewakili yang ada di negeri ini. 

Pada bagian akhir cerita novel ini, saya berucap, "Gila sih ini! Parah...".
Konspirasi. Perlu akal yang mumpuni untuk melanggengkan semua itu. Adalah otak seorang Andrea Hirata yang bekerja untuk sebuah novel epik ini. Seperti kata Pak Cik pada awal novel "Fiksi, cara terbaik menceritakan fakta."
Bravo Pak Cik. Applause.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ngeteng dari Bekasi ke Lampung

Sekitar dua minggu yang lalu, tepatnya tanggal 22 Februari 2020, saya dan seorang teman (panggil saja "Mbak Nur") berangkat menuju Bandar Lampung dari Bekasi untuk mengikuti acara Milad Forum Lingkar Pena ke-23 (Cerita tentang Milad FLP akan segera menyusul dipostingan selanjutnya). Di sini saya ingin share cerita "ngeteng" kami untuk sampai ke Lampung. Sebelum berangkat, kami mencari informasi sebanyak-banyaknya. Meskipun, Sumatera adalah tanah kelahiran saya, sekaligus kampung halaman, seumur-umur belum pernah naik transportasi umum darat sendirian untuk pulang kampung. ( Info penting!... kampung saya di Sumatera bagian selatan hehe). Alhamdulillah, dapat teman nge-trip yang sefrekuensi. Jadilah, kami berdua melakukan perjalanan dari Bekasi ke Bandar Lampung dengan cara berganti-ganti kendaraan aka. "Ngeteng". Secara umum hanya ada tiga kendaraan untuk trip ala "ngeteng" ke Lampung, yaitu Bus Bekasi-Merak, Kapal Ferry, dan Kendaraan Bakauh

Menyoal Hadits-Hadits Populer

Judul : Menyoal Hadits-Hadits Populer (Upaya Mengenali Sunnah yang Benar, Bukan yang Terkenal) Penulis : Adi Hidayat Penerbit : Institut Quantum Akhyar Tahun terbit : 2018 Membaca buku ini semakin membuat saya kagum dengan sosok Ust.Adi Hidayat. Sangat terlihat kedalaman ilmu yang beliau miliki. Menyadarkan betapa masih dangkalnya ilmu agama yang saya ketahui. Total ada 17 hadits populer yang dibahas. Terdengar sedikit memang, tetapi jika telah membaca buku ini saya yakin Anda akan berubah pikiran. Sesuai yang tertera pada cover, sebagai upaya mengenali sunnah yang benar, bukan yang terkenal. Beliau membahas hadits-hadits tersebut cukup terperinci dengan menambah bukti-bukti ilmiah, periwayat hadits dan rangkaian sanadnya, penilaian para ulama, hingga membuat kesimpulan hampir tiap pembahasan. Hanya dua bahasan hadits yang tidak terdapat kesimpulan dan menyerahkannya kepada pembaca. Selain itu, bukan main-main karena beliau mencari referensi 1235 kitab pada pustaka ele

Review Buku "Syar'i Traveller"

Judul Buku : Syar'i Traveller Penulis : Ust. Felix Y. Siauw & Tim Da'wah Hijab Alila Tahun Terbit : 2019 Penerbit : Alfatih Press Jumlah Halaman : 197 hal Sebelum membahas terkait buku ini, saya ingin mengatakan bahwa saya selalu suka dengan buku terbitan Alfatih Press yang biasanya penuh dengan visualisasi menarik. Selain tentang isinya yang penuh dengan ilmu tentunya. Kali ini, disuguhkan dengan berbagai macam gambar dari sudut-sudut Turki. Sehingga, lebih dapat tergambar jelas perjalanan yang dilakukan oleh tim Hijab Alila. Buku ini seperti ringkasan cerita perjalanan tim Hijab Alila mulai dari berangkat hingga selama di Turki. Disampaikan dengan cukup rinci mulai dari destinasi, penginapan, biaya, transportasi, hingga sejarah/kisah dibalik suatu tempat yang mereka kunjungi. Tidak lupa tentunya disisipkan beberapa kejadian yang mengandung hikmah agar bisa dijadikan pembelajaran, seperti ketika salah seorang dari rombongan yang visanya ditolak dan harus dua kal